Konsep Dasar Analisis Fundamental (Fundamental Analysis)

Konsep dasar Analisis fundamental adalah melihat dan menganalisis pasar valuta asing (forex market) dengan cara menganalisis ekonomi, politik maupun sosial yang semuanya dapat mempengaruhi tingkat persediaan (supply) dan permintaan (demand) suatu mata uang.

Mungkin kita berpikir bahwa dengan hanya melihat supply dan demand saja tentu tidak sulit. Akan tetapi ingat, hal yang paling sulit adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat supply dan demand tersebut. Jadi bukan hanya sekedar melihat supply dan demand saja.  Dengan kata lain, kita harus mampu menganalisis faktor-faktor penyebab kenapa tingkat ekonomi negara A adalah tinggi dan tingkat  ekonomi negara B adalah rendah. Kita juga harus paham kenapa tingkat suku bunga (interest rate) maupun tingkat pengangguran (unemployment rate) dapat mempengaruhi tingkat ekonomi ataupun pengambilan kebijakan moneter yang kedua hal tersebut tentunya mempengaruhi tingkat permintaan (demand) mata uang suatu negara.

Logika dari analisis fundamental tersebut adalah jika tingkat ekonomi suatu negara saat ini dan yang akan datang diperkirakan bagus dan bertumbuh, maka nilai mata uang negara tersebut akan menguat. Dengan membaiknya perekonomian suatu negara tersebut, maka investor maupun pengusaha akan mempunyai ketertarikan untuk berinvestasi ke negara tersebut. Dengan demikian, permintaan mereka akan mata uang negara tersebut akan meningkat seiring dengan investasi yang dilakukan para investor maupun pengusaha tersebut.

Secara umum, dasar analisis fundamental adalah sebagai berikut :

contoh dasar analisis fundamental

Katakanlah US dollar (USD) menguat seiring dengan pertumbuhan ekonomi mereka yang bagus. Sejalan dengan itu, menaikkan tingkat suku bunga mungkin diperlukan untuk mengontrol inflasi dan pertumbuhan ekonomi itu sendiri. Dengan tingkat suku bunga yang lebih tinggi maka aset-aset keuangan dalam mata uang US dollar akan lebih menarik. Jika para investor, pengusaha, maupun pedagang ingin mendapatkan aset-aset yang mereka kehendaki, tentunya mereka harus membeli atau mendapatkan US dollar terlebih dahulu. Akibatnya, nilai US dollar kemungkinan akan meningkat.

Lebih lanjut lagi, kita harus mempelajari faktor-faktor lain yang mempengaruhi dan juga mempelajari data-data apa saja yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat ekonomi Amerika Serikat (USA). Kita harus tahu siapa yang menjabat Federal Reserve Chairman dan apa saja garis besar kebijakan moneternya. Kita harus paham kenapa retail sales data mencerminkan kondisi ekonomi negara bersangkutan, dan sebagainya.

Akan tetapi, untuk saat ini kita hanya sebatas mempelajari apa itu konsep dasar analisis fundamental secara umum dahulu dari melihat kekuatan dan kelemahan kondisi perekonomian suatu negara. Pelajaran detail fundamental analisis akan dibahas pada tingkatan lebih lanjut.

Baca juga :